Thursday, August 27, 2009

Malam Ini, Undian Liga Champions

Malam ini adalah malam yang cukup dinantikan oleh tim-tim yang lolos ke babak fase grup Liga Champions. Undian babak fase grup akan diadakan malam ini. Tim-tim besar seperti Barcelona, Manchester United, dan Chelsea sudah memastikan tempatnya di babak fase grup. Tim besar lainnya seperti Arsenal dan Lyon sampai juga di babak fase grup setelah melalui babak kualifikasi Liga Champions. Di sisi lain akan ada kejutan dari tim-tim seperti Debrecen dari Hungaria dan Rubin Kazan dari Rusia.

Masing-masing tim termasuk di dalam potnya masing-masing berdasarkan koefisiensi peringkat UEFA yang akan menentukan ada di grup manakah mereka.

Inilah bagaimana penentuan grup itu dilakukan :
- Masing-masing dari delapan grup, A sampai H, terdiri dari satu tim dari setiap pot
- Tim dari asosiasi negara yang sama tidak dapat dimasukkan ke dalam kelompok yang sama.Jadi, misalnya, jika AC Milan dimasukkan ke Pot 1 dari grup yang diberikan, Inter Milan akn dihindarkan dari kemungkinan pertemuan dengan AC Milan dari grup tersebut walaupun mereka berasal dari pot yang berbeda
- Tim dari asosiasi nasional yang sama akan dipisahkan harinya. Jadi, seperti Inggris yang menghadirkan empat tim, dua akan bermain pada Selasa malam dan dua pada hari Rabu. Rusia yang diwakilkan dua tim, satu akan bermain pada Selasa dan lainnya pada hari Rabu. Ini akan dibagi melalui sistem kode warna yang membuat grup AD kelompok 'Merah' dan grup EH kelompok 'Biru'. Warna-warna ini tidak ada hubungannya pada peringkat tetapi hanya untuk memisahkan tim dari negara yang sama. Pemisahan ini bertujuan untuk memaksimalkan penayangan di televisi.
- Kode warna di atas juga akan mempengaruhi siapa yang bermain kandang dan tandang dalam satu hari pertandingan, sehingga (misalnya) AC Milan dan Inter tidak akan bermain di kandang pada minggu ataupun hari yang sama


Berikut pot-pot Liga Champions Eropa :

POT 1 POT 2
Barcelona Lyon
Chelsea Inter Milan
Liverpool Real Madrid
Manchester United CSKA Moscow
AC Milan FC Port
Arsenal AZ Alkmaar
Sevilla Juventus
Bayern Munich Glasgow Rangers


POT 3 POT 4
Olympiakos VFL Wolfsbrug
Marseille Standard Liege
Dinamo Kiev Maccabi Haifa
VFB Stuttgart FC Zurich
Fiorentina Rubin Kazan
Atletico Madrid Unirea Urziceni
Bordeaux APOEL Nicosia
Besiktas Debrecen

Ada banyak pemikirian bagi setiap penggemar dari sebuah tim yang terlibat dan masih banyak ruang untuk sebuah 'Grup Neraka'. Bayangkan sebuah grup yang diisi Barcelona, Inter, Bordeaux dan Wolfsburg, misalnya.
Di sisi lain, mungkin ada grup yang hanya diisi oleh tim-tim non unggulan seperti Sevilla, Rangers, Dinamo Kiev dan Debrecen bisa menjadi paket kejutan untuk babak fase grup Liga Champions. Jadi, nantikan saja dimanakah tim kesayangan anda ?

Dikutip dari : http://www.goal.com/en-us/comment/comments-box?contentId=1463391

No comments:

Post a Comment